بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Selasa

Keris Bethok.:

 Dapur Bethok :

Kadang sering terjadi salah kaprah dalam penamaan bentuk dapur yang satu ini. Dapur bethok memiliki ciri ricikan yang hampir persis dengan dapur Brojol. Namun menurut beberapa literatur sejarah hanya saja yang menjadika perbedaan ciri ricikan untuk keris bethok lebih panjang di bandingkan dengan dapur brojol yang lebih pendek di bagian gandiknya.

Umumnya dapur bethok banyak di kenal dengan sebutan bethok Budha Atau bethok Singosari, meski sebenarnya keris bethok juga sangat banyak di ciptakan oleh para empu setelah zaman tersebut terlebih yang di buat setelah zaman kemerdekaan (kamardhikan)  dengan bentuk yang lebih indah terlebih di balut seni kontemporer. Dan banyak juga yang meniru dengan gaya bethok Budha padahal aslinya adalah keris prosesan dengan bahan besi lama yang di cor bukan di tempa namun bagi yang tidak tahu jenis seperti itu di anggap buatan zaman Budha karena bentuknya yang sangat mirip sekali dengan bethok zaman Budha hanya saja wilahnya sangat mulus jauh berbeda dengan zaman budha Oryginal yang besinya sudah banyak termakan usia karena korosi setelah sekian abad lamanya. 

Untuk bethok budha yang asli sekarang sudah sangat sulit di ketemukan, karena kebanyakan sudah berada di tangan kolektor dan termasuk langka (bukan tidak ada) maka kalau ada yang menawarkan keris bethok yang bertangguh Budha Oryginal harap di teliti dahulu agar anda tidak menyesal setelah memaharkan (keblondrok), karena kalaupun ada yang oryginal Zaman Budha umumnya maharnya sangat tinggi dan kurang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah sehubung termasuk barang yang sulit di cari. Selain itu juga dapat di pastikan bentuk fisiknya yang rata-rata sudah tidak sempurna, tidak sebagus bethok yang di buat dengan zaman yang lebih muda. 

Sekali lagi harap teliti dahulu sebelum membeli, apalagi anda membeli dari internet karena bekalnya cuma foto saja, tidak melihat dan menanting langsung. Dalam hal ini sangat dituntut kejujuran dari pihak penjual, namun kunci utamanya adalah ketelitian dari pihak yang akan memaharkan. Karena ada saja pihak penjual yang ingin meraup untung besar dengan mengatas namakan bethok budha oryginal atau singosari oryginal padahal bethok tersebut di buat lebih muda dari zaman budha atau singosari. Apalagi sampai ada pihak penjual yang mengklaim tangguh bethok kamardhikan prosesan di tangguh  sebagai bethok budha atau singosari, entah hal tersebut di karenakan karena ke tidak tahuan pihak penjual  yang disebabkan kurangnya pengalaman dalam mendalami ilmu tosan aji atau memang karena faktor kesengajaan dengan maksud ingin meraih untung besar, untuk itu kami sarankan telitilah sebelum membeli barang di mana saja jangan sampai anda menyesal nantinya.



Seperti halnya dengan sebutan sombro, pada awalnya menurut literatur sejarah nama Sombro adalah milik seorang empu keris wanita yang konon hidup di zaman Pajajaran, yang sangat terkenal bernama Nyi Sombro. Konon ciri khas keris buatan beliau memiliki bekas pejetan jari di bagian wilahnya. Meski tidak semua keris dengan bentuk pejetan adalah buatan Nyi Sombro, dan juga tidak semua keris bentuk sombro ada pejetan, tapi sudah terlanjur di masyaraka keris semacam ini di sebut sebagai keris Sombro.

Keris Sajen menurut literatur sejarah merupakan salah satu keris yang di pergunakan untuk mengucapkan suatu permohonan yang di sertai sesaji. Biasanya zaman dahulu di pakai untuk selamatan sebelum berkebun, membangun rumah, dll. Ciri khusus keris ini bagian wilahnya berbentuk patung kecil yang sekaligus berguna sebagai gagangnya. 

Kembali untuk menentukan sebutan dapur Bethok serta bentuknya anda harus jeli membedakan antara dapur bethok dan dapur brojol karena perbedaannya sangat tipis sekali, hanya di bedakan panjang dan pendeknya gandik masing-masing dapur. Apalagi jika memang keris tersebut sudah sangat tua dan banyak termakan korosi akibat kurun waktu yang cukup lama. 

Namun begitu keris dengan jenis dapur bethok ini sangat diminati sehubung tuahnya yang  sering di sebut dapat menetralkan aura pusaka lain yang bersifat ganas atau tidak sejiwa dengan pemiliknya. Sehingga para kolektor dan pecinta pusaka dari dalam dan luar negeri yang memiliki pusaka simpanan tak segan-segan berburu keris dengan dapur yang satu ini. Meskipun harus rela  sampai berburu ke berbagai daerah, Semoga bermanfaat.....









Legalitas Lembaga Spiritual Pengabdian Masyarakat Sudah Dilindungi Undang-Undang

MAHAR ANDA DAPAT DITRANSFER MELALUI

MAHAR ANDA DAPAT DITRANSFER MELALUI
WESEL POS. KE ALAMAT : PO. BOX. 6927. JAT.PK. JKT 13069 INDONESIA.

VIA WESTERN UNION

VIA WESTERN UNION

ATAU BAGIAN ADMINISTRASI LEMBAGA SPIRITUAL PENGABDIAN MASYARAKAT

ATAU BAGIAN ADMINISTRASI LEMBAGA SPIRITUAL PENGABDIAN MASYARAKAT
SHAR-E. A/N: SYAFIQOH NURHAYATI. NO.REK : 919-857-95-99 (VIA ATM BERSAMA KODE BANK : 147).

VISITORS FROM RADAR OF NASA.:

free counters